Pagi! Akhirnya kembali menulis, setelah berkali-kali ditagih janji untuk melanjutkan tulisan kemarin. Bedanya, tulisan yang kali ini dibuat atas kebaikan hati teman-teman saya dari departemen terkait. Mereka dengan senang hati meluangkan waktunya untuk sharing santai tentang jurusannya masing-masing. Hehe. Mari lihat, apa kata mereka :D

MANAJEMEN – FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN (FEM)
Berhubung saya anak jurusan ini, maka saya mulai dari departemen ini yah.
Dari Manajemen, kita akan mendapat banyak sekali pelajaran tentang kepemimpinan organisasi. Disini, selain kita akan belajar tentang manajemen resiko, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran, juga diantaranya belajar tentang komunikasi profesional, metode kuantitatif untuk manajemen, mikro dan makroekonomi, bisnis internasional, dan banyak ilmu-ilmu lain yang mengundang pundi-pundi uang buat teman-teman :$ Meski tak punya laboratorium berisi tabung-tabung gas seperti halnya anak eksakta, tapi kami punya laboratorium berupa Organisasi. Dialah miniatur office terbaik.
Prospek kerja :
Perbankan, perusahaan swasta, perusahaan multinasional, pabrik, lembaga pemerintahan, perpajakan, dan dimanapun lulusan dari departemen ini Insya Allah akan bisa survive. Karena kita disini tidak hanya diajarkan, bagaimana menjadi manager di perusahaan orang lain, tapi membangun perusahaan sendiri. Guys, departemen ini ada untuk kalian para The Next Manager!

BIOKIMIA - FMIPA
Biokimia memiliki tiga cabang; biomolekul, metabolisme dan bioanalitik. Biomolekul itu belajar tentang genetika, bagaimana protein terbentuk buat proses metabolisme yang meliputi glikolisis, siklus krebs, dan transfer elektron. Bedanya dengan di SMA, disini akan akan lebih dalam dan rinci lagi. Kalau bioanalitik belajar tentang imunokimia biosinyal yang banyak belajar tentang enzim-enzim, makromolekul, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.
FYI aja, Biokimia di IPB adalah satu-satunya di Indonesia! Saran dari anak jurusan ini, kalau ga suka-suka amat sama biologi dan kimia, jangan coba-coba masuk. Hahaha.. Tapi kalau teman-teman punya keyakinan dan siap lahir-batin, bismillah aja, Biokimia bisa jadi batu loncatan menjadi peneliti yang dicari banyak orang. Karena disini, di Biokimia IPB, kalian akan belajar banyak hal seputar biologi dan kimia yang cuma satu-satunya di Indonesia!
Prospek kerja :
Biofarmaka, BPOM, SEAMO, LIPI, BB Biogen, PSSAP (Pusat Studi Satwa Primata), dan pengajar. Intinya sih, bakal banyak merekayasa dan sedikit belajar genetika.
(Eva – Biokim 47)

EKONOMI SUMBERDAYA LINGKUNGAN (ESL) – FEM
Di departemen ini kita belajar ekonomi tetapi berkaitan dengan lingkungan. Pelajarannya selain mikro dan makroekonomi, juga ada ekonomi pertanian, ekonomi pariwisata, dan lain-lain. Intinya kita disini diajak mencari uang dengan tetap mengedepankan dan memperhatikan lingkungan. Setiap perusahaan atau industri tentunya harus mengetahui berapa ambang batas limbah yang optimal, dampak pencemarannya, bagaimana cara meminimumkannya, disinilah kalian akan belajar itu!
Prospek Kerja :
Analis dampak lingkungan, konsultan, bekerja di Dephut (Departemen Kehutanan), Bapenas, LIPI, dan berbagai industri.
(Chadefi – ESL 47)

STATISTIK - FMIPA
FYI lagi nih, Statistik IPB adalah yang terbaik pertama di Indonesia, di atas Sekolah Tinggi Ilmu Statistik milik negara. Waw! Kata anak jurusan ini, belajar statistik, meski puyeng karena terus-terusan bertemu angka, tapi sungguh mengasyikkan, karena selalu meramalkan sesuatu dengan tingkat kesalahan minimum. Misalnya Pemilu nih, bayangkan untuk menghitung suara dari ratusan juta rakyat Indonesia, diperlukan waktu berminggu-minggu. Tapi dengan statistik, lewat Quick Count, hanya beberapa jam setelah pemungutan suara, sudah bisa diperoleh angka, yang ternyata setelah dicocokkan dengan data sebenarnya, hanya berbeda koma saja! Yang jelas semua yang ada di sekitar kita, menggunakan ilmu statistik :D
Prospek kerja :
Fleksibel. Bisa di lembaga pemerintahan, perusahaan, perkantoran, dan banyak deh.. Lulusannya 80% diterima kerja dalam waktu kurang dari 3 bulan berdasarkan data.
(Dini - STK 47)

BIOLOGI – FMIPA
Garis besarnya sih disini kita belajar tentang perkembangan hewan, sel anatomi tumbuhan, bio manusia. Juga belajar tentang genetika, cendawan, lingkungan, kultur jaringan, dan masih banyak yang lain-lainnya. Seru banget lah di Biologi, banyak praktikum di lab-nya. Jadi teman-teman nanti benar-benar akan diperlihatkan, seperti ini loh makhluk hidup dan tumbuh berkembang biak.
Prospek kerja :
Peneliti, Pengajar, pekerja di LIPI, intinya dimanapun bisa dan kebanyakan lingkungan kerjanya di laboratorium, misalnya membuat media untuk kultur jaringan, dsb.
(Tya, Bio 47)

ARSITEKTUR LANSKAP (ARL)
Agak heran kan kenapa jurusan ini ada di IPB? Hehe.. Sekaligus membuka mata, kalau bidang pertanian tak sesempit yang dibayangkan sebagian orang :) Well, ARL di IPB ini hampir sama seperti pertamanan kali ya.. Tapi disini lebih luas lagi, tidak hanya terbatas buat taman-taman rumah, tapi juga taman kota, pertamanan di perusahaan, dan sebagainya.. Pelajarannya, ya..lebih banyak gambar-gambarnya (ya iyalah). Tapi ga usah khawatir yang ga jago gambar juga bisa, sangat bisa malah, asal niatnya kuat..
Prospek kerja :
Kalau bicara soal prospek, Insya Allah ga kehabisan lahan. Mengingat sekarang yang lagi gencar-gencarnya slogan go green, jadi banyak perumahan, estate, dan lain-lain, yang memakai jasa anak lanskap! :) Ayo yang mau jadi arstitek, masuk ARL IPB :D
(Kukuh, ARL 47)

TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN (SIL) – FATETA
Teknik sipil itu bisa dibilang teknik bangunan, karena memang kita belajar kebanyakan tentang bangunan. Dari mulai pondasi, konstruksi, atap, biayanya, hingga pemeliharaannya. Selain konstruksi, teknik sipil juga meliputi kegiatan drainase, sanitasi, lalu lintas, dan sarana dan prasarana umum. Nah, yang ada di IPB, adalah Teknik Sipil dan Lingkungan. Jadi kita membangun, yang lagi-lagi harus tetap mewujudkan kawasan ramah lingkungan. Melihat kini banyak pembangunan yang tidak dibarengi dengan memperhatikan aspek lingkungannya, disinilah tempatnya untuk merubah itu. Menyenangkan, di tengah-tengah pertanian bisa kita barengi dengan teknik-teknik bangunan yang ramah lingkungan ;)
Prospek kerja :
Sama seperti lulusan Teknik Sipil universitas lainnya, lulusan SIL IPB bisa bekerja di pelbagai proyek-proyek pembangunan, baik perkantoran, jalan, sarana umum, dan lain-lain. Kelebihan dari lulusan adalah kepeduliannya terhadap lingkungan! Yah kebayanglah, dunia akan akan terus melakukan pembangunan disana-sini, dan disitu pasti ada kami, si anak SIPIL :D
Buat kawan-kawan yang mau info lebih lengkap soal SIL, silakan ke postingan saya yang lain disini.
(Rizqah, SIL 47)

MANAJEMEN SUMBERDAYA LAHAN (MSL) – FAKULTAS PERTANIAN
Disini kita belajar semua tentang tanah. Baik sifat fisik maupun kimianya. Pelajarannya seru karena kita seringkali diajak turun lapang ke berbagai tempat untuk melihat dan meneliti tanah, baik dari segi tekstur maupun kandungannya. Selain itu kita juga belajar tentang cara mengatur lahan, serta undang-undang pertanahan. Banyak sih yang dipelajari, bukan cuma sekedar teori, tapi lebih banyak turun lapangnya :)
Prospek kerja :
Pertambangan bagian reklamasi, pengembangan wilayah, analisis lahan, dan sebagainyaaaa...
(Ugi, MSL 47)

AGRONOMI DAN HORTIKULTURA (AGH)
Dari judul departemennya aja sih sudah sangat mencerminkan apa yang akan dipelajari dari sini. Yap, semua tentang budidaya tanaman! Semester awal baru belajar dasar-dasarnya sih, seperti persiapan penanaman, budidaya, pengenalan tanaman pangan, perkebunan, buah dan sayur, juga dasar pemuliaan tanaman untuk menemukan varietas baru. Itu baru semester awal, semester selanjutnya lebih menantang lagi :D
Prospek kerja :
Perkebunan, penyuluh pertanian, dinas pertanian, dan sebagainyaaa...
(Chella, AGH 47)


-- Update Version (18/2/2015)

HAMA PENYAKIT TANAMAN (HPT)
Seperti namanya, disini kami bukan memelihara hama dan penyakit tapi menekan keberadaan hama dan penyakit sampai di garis batas kenormalan di alam. Ingat, bukan MEMUSNAHKAN/MEMBANTAI tapi menjaga semuanya STABIL. Bisa dibilang ini jurusan kedokteran tapi kedokteran tanaman di IPB hehe. Di dalamnya sendiri kita belajar entomologi umum (anatomi serangga baik yang hama atau yang bukan hama, virus tumbuhan, bakteri patogen tumbukan, nematoda, cendawan patogen tumbuhan dan masih banyak yang lainnya. Selain itu kita di ajarkan cara mengawetkan serangga yang beraneka ragam jenisnya. Kita punya jaring andalan yang di pakai untuk menangkap buruan. Proses belajarnya sendiri banyak di lab dan lapangan jadi ga monoton di dalam kelas hehe asikkan?      

Prospek kerja :
Konsultan , kerja di Badan Karantina, kerja di Departemen Peramalan Hama , Deptan, BUMN, perkebunan, swasta (buyer, gunung madu dll), dan tentu bisa buka kerjaan sendiri jadi wiraswastawan/wati atau bahkan jadi entomologist

--
Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK)
Disini juga nanti banyak terjun ke daerahnya langsung kalau bahasanya anak Faperta turun lapang mungkin. Hehe. Tapi terjun ke lapang disini beda, kita lebih ke masyarakat. Misalnya ke desa-desa, ngasih penyuluhan, dsb. Mengenai pelajarannya, enak, nyambung ke kehidupan kita sehari-hari banget, kita mempelajari perilaku konsumen, bahkan juga ke perkembangan anak. 
Prospek kerja :
Di perkantoran, perusahaan swasta (ilmu konsumen disini sangat dibutuhkan), penyuluh, tenaga pendidik, dsb.

--
FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN (FKH)
FKH IPB itu yang terbaik di Asia Tenggara lohh, punya RS hewan terbesar di Indonesia, sampai sampai tiap tahun banyak anak Malaysia pada hijrah ke FKH IPB. lulusannya kita pasti langsung kerja deh di jamin dan lebih diutamakan kl di lapangan kerja kan drpd univ lain krn IPB sudah terpercaya!!! terus, satu-satunya jurusan yang diangkat sumpah ketika lulus nanti.. *namanya jg calon dokter*. Kalau masuk FKH IPB, jangan takut kalau kita masih takut hewan, disana pasti belajar dulu. Asik kok kalau udah interaksi sama hewan, apa lagi kita membantu mereka menjaga kesehatan, dapat pahala kan?? Hehe.

--
MANAJEMEN HUTAN (FAHUTAN)
Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Fakultas tertua di IPB, ga kalah bagusnya. Ilmu kehutanannya, mengantarkan IPB masuk ke dalam 200 besar universitas terbaik dunia. Untuk bidang ini, Kehutanan IPB sejajar dengan sejumlah Perguruan Tinggi ternama lainnya di dunia, seperti Murdoch University Australia, Università Cattolica del Sacro Cuore Italia, dan University of Tasmania Australia.
Prospek kerja :
Managemen Hutan, Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan. 
(Rahmad Nanda)

ILMU KOMPUTER – FMIPA

Ilmu Komputer FMIPA IPB, ini pada umumnya seperti ilkom di Universitas lainnya. Computer Science secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi. Ilmu Komputer lebih menekankan pada aspek pemograman komputer dan rekayasa perangkat lunak (software). Kalian disini mempelajari teknik-teknik memecahkan suatu masalah dengan algoritma dan memodelkan sesuatu dengan simulasi riset operasi, mengembangkan program-program yg dibutuhkan banyak orang yang memiliki nilai mutu yang tinggi. Ilmu komputer berhubungan erat dengan matematika. Nah bagi kalian yg suka hitung menghitung dan suka berlogika pilihlah ilmu komputer. "Jangan ngaku anak Ilkom kalau ga bisa matematika".
(Muhammad Alvian)


TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN (TIN)
Jurusan TIN mempelajari berbagai aspek industri berbasis pertanian yang wajib mempelajari 3 bidang keahlian :
(1) Teknik Sistem & Manajemen Industri (pemrograman sistem / IT berbasis Java, Android dkk, sistem bisnis & marketing, finance, produksi, sumberdaya manusia), jadi bedanya dengan jurusan ilkom adalah kita bisa jadi analis sekaligus pemrograman sistem :D
(2)  Teknologi Proses & Bioproses [pengembangan teknologi di bidang Pangan (seperti produk berbasis minyak nabati, gula, teh, coklat, kopi, mie, kue, makanan instan) Bidang non - pangan (sabun, kosmetik, parfum, flavour & fragrance, fitofarmaka, kulit, karet dll) dan teknologi mikrobial seperti enzim, vitamin, dll] di bidang ini kita dikembangkan kreatifitasnya untuk membuat produk yang banyak dikonsumsi publik sehari2 dan banyak yang dilirik oleh investor untuk membantu kami dalam pengembangan pasarnya (seperti dari Bank, Dikti, Ristek, RAMP, dll ). Oya, karena bergerak dibidang produk yang dikonsumsi masal, kami juga dilatih tentang audit halal dan penjaminan mutu produk. 
(3)  Teknologi Manajemen Lingkungan Industri ( bagaimana mengelola industri ramah lingkungan), yang mengajarkan teknologi pengolahan air bersih (seperti bagaimana mengembangkan air sungai menjadi air minum--- inget iklan Purit Unilever?? itu dari Lab kami yang mengujinya), teknologi pengolahan air limbah, serta teknik audit lingkungan.
Prospek kerja :
Lapangan kerja di lulusan TIN luas sekali, karena kita jurusan yang mempelajari semua bidang, seperti : Eksportir, Analis Sistem, Programer, R&D, PPIC, entrepreneur, peneliti, auditor lingkungan atau pangan dll. Banyak juga lulusan TIN yang beken : Bapak Said Didu (SekKementrian BUMN), Henry Satiago (Chairman General Electric for ASEAN), Petinggi2 BANK, dll
--

Dan yah, lagi-lagi terbatas keterbatasan. Jurusan-jurusan beken lainnya seperti  Ilmu Gizi, AGB, BDP, THP, MSP, Silvikultur, KSHE, IE, KPM, dan lain-lainnya belum sempat di post.. Untuk itu, bagi teman-teman IPB dari jurusannya selain yang di atas, mungkin bisa berbagi tentang departemennya? ;) Apapun yang lo tulis, percaya deh, itu berharga buat yang baca :)

Semangat berbagi, teman-teman :))

Untuk tahun 2013, bisa dilihat disini peluang masing-masing jurusan di IPB : Daya Tampung SNMPTN IPB 2013 

Eh, ada postingan terbaru nih (16 April 2014); buat yang mau masuk Fakultas Ekonomi IPB tanpa seleksi! Saatnya anak IPA dan IPS, bisa melenggang masuk ke FEM IPB. Dan bebas pilih jurusan loh :D Silakan buka link ini.