Posted by : Ratna Sofia 4 February 2013

Buat semua pertanyaan di posting Kilas Jurusan IPB kemarin, ini daftar lengkap Daya Tampung SNMPTN IPB 2013 dan Peminat di tahun 2012 kemarin. Bisa dikira-kira peluang buat masing-masing jurusan sebelum menentukan pilihan ^^

Sampai tahun lalu, 5 Jurusan IPB dengan peminat undangan terbesar : Ilmu Gizi (1807); Teknologi Pangan (1269); Manajemen (999); AGB (949); Statistika (948).

Berikut Lengkapnya :

KODE PRODI
NAMA PRODI
DAYA TAMPUNG SNMPTN 2013
PEMINAT 2012
SNMPTN UNDANGANSNMPTN UJIAN
Fakultas Pertanian (FAPERTA)
331376
50
106
 79
331021
105
802
 686
331384
54
131
 103
331035
42
333
 454
Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)
331116
96
675
 577
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)
331324
51
176
 440
331392
51
149
 143
331405
51
50
 82
331413
49
101
 88
331081
51
194
 380
Fakultas Peternakan (FAPET)
331295
57
160
 389
331281
57
145
 355
Fakultas Kehutanan (FAHUTAN)
331154
60
337
 421
331243
48
120
 257
331146
60
252
 387
331421
48
110
 135
Fakultas Teknologi Pertanian(FATETA)
331235
72
237
 219
331273
72
1269
 951
331265
72
832
 707
331316
42
471
 533
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
331221
48
948
 357
331435
42
202
 127
331051
63
351
 291
331124
60
470
 310
331443
42
396
 125
331102
60
887
 855
331451
42
151
 57
331043
51
348
 314
Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM)
331332
48
261
 283
331346
69
999
 862
331013
72
949
 778
331065
60
225
 326
331362
48
580
 884
Fakultas Ekologi Manusia (FEMA)
331354
69
1807
 1447
331465
48
136
 205
331132
84
504
 812

Keterangan Fakultas:
  1. FAPERTA : Fakultas Pertanian
  2. FKH : Fakultas Kedokteran Hewan
  3. FPIK : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  4. FAPET : Fakultas Peternakan
  5. FAHUTAN : Fakultas Kehutanan
  6. FATETA : Fakultas Teknologi Pertanian
  7. FMIPA : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam
  8. FEM : Fakultas Ekonomi dan Mahajemen
  9. FEMA : Fakultas Ekologi Manusia
Source : http://admisi.ipb.ac.id/  

Eh, ada postingan terbaru nih (16 April 2014); buat yang mau masuk Fakultas Ekonomi IPB tanpa seleksi! Saatnya anak IPA dan IPS, bisa melenggang masuk ke FEM IPB. Dan bebas pilih jurusan loh :D Silakan buka link ini.

{ 106 comments... read them below or Comment }

  1. kalo ikut jalur snmptn undanga dan ngambil arsitektur lansekap, ntar ada tes gambarnya gak sih ?

    makasih :)

    ReplyDelete
  2. kak saya minat gizi, tekpang, manejemen, statistik. menurut kakak lebih peluangan yg mana? tp jujur pengen bgtnya tuh gizi manejemen tekpang.
    trus kalo mau pilih jurusannya sebaiknya mana yg didahuluin prodinya? bls ya kak thanks:)

    ReplyDelete
  3. kak mau nanya apa sih yang dipelajarin di ekonomi syariah trus gimana dgn prospek kerjanya?
    Saya mau daftar ipb ekonomi syariah lewat undangan. doain masuk ya kak ^^ trims sblmnya..

    ReplyDelete
  4. Anonim : Kalau pengen bangetnya gizi, trus mene, di pilihan 1 : gizi, pilihan 2 : manajemen. Udah pas ko itu ;)

    Jenisa : Aamiin :D Soal prospek, sekarang lagi menjamur Bank yang berbasis syariah kan? Sementara lulusan syariah blm banyak, jd prospek temen2 yg masuk Eksyar sekarang, ceraah =D (Eksyaaar?? Halal!)

    ReplyDelete
  5. ka klo lewat undngan untuk msk teknik sipil & lingkungan nilai rata rata rport hrs brp yaaa?
    terima ksh

    ReplyDelete
  6. ..........................

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kak saya pengen proram study agribisnis bagaimana dg prospek kerjanya?apa saja yg di pelajari?
      terimakasih:)

      Delete
  7. ................................................................................................................

    ReplyDelete
  8. kak manejemen ipb pesaingnya banyak ga sih? trus komunikasi pengembangan masyarakat jg banyak ga? bls ya kak :)

    ReplyDelete
  9. kak mau tanya, untuk AGH pas kuliah belajarnya kaya gmana? trus ilmu gizi gmana?
    kalau urtan prodinya bagusnya gimana kak?
    kalau buat prospek kerja gimana kak?

    aduh maaf banyak tanya kak, harap di balas ya kak.
    makasih^^

    ReplyDelete
  10. kak, kalo teknologi industri pertanian sama manajemen grade nya lebih tinggi mana?
    terus TIN itu kaya gimana kak?

    ReplyDelete
  11. Anonim 1 : Wahaha, ga ada batasan nilai rapor kok :) Tergantung pesaing aja :))

    Anonim 2: Manajemen pesaingnya terbanyak ketiga di IPB. Kan udah ada datanya di atas :p

    Anonim 3 : Urutan : Gizi, AGH.

    Anonim 4 : Kalau ga salah TIN lebih tinggi gradenya, tp soal pesaing lebih banyak mene (2012)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. kak,kalo manajemen hutan,gimana peluang kerjanya?kira-kira masuknya susah gk??

    ReplyDelete
  14. lebih baik mencoba,dari pada tidak sama sekali

    ReplyDelete
  15. kak kira2 jurusan biologi prospek kerjanya gimana?

    ReplyDelete
  16. Kak, mau nanya dong kalau undangannya mau HPT sama FKH, nah yang jadi pilihan 1 yang mana ya? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  17. Yang dijadiin pilihan ke 1, ilmu Gizi atau Statistika? masih bingung -_-

    ReplyDelete
  18. kak, mau nanya nih
    kalo di ipb ngambil jurusan pertama sama keduanya gak sinkron gmana ya kak?

    ReplyDelete
  19. kak apa yang menjadi pertimbangan jika kita mengambil ilmu gizi ipb? trus prospek kerjanya gmana ? dan bagaimana pula prospek kerja biologi?

    ReplyDelete
  20. kak apa yang menjaidi pertimbangan jika kita mengambil ilmu gizi ipb? bagaimana prospek mkerjanya? dan bagaimana dengan biologi?

    ReplyDelete
  21. Banyak banget yang nanya .__.
    Intinya sih, kenapa ditampilin database tahun lalu, buat jadi pertimbangan temen2 aja untuk masuk ke jurusan tertentu. Makin banyak peminatnya, ya udah pasti makin banyak pesaingnya.. Dan bisa jadi indikator populernya jurusan itu sendiri, berkaitan sama prospeknya juga :)

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum. kak, saya milih agribisnis d pilihan pertama. agribisnis kan peminat nya banyak banget kak, otomatis daya saing nya menjadi sangat tinggi. mohon doanya ya kak supaya saya lulus snmptn jalur undangan ni. thanks :)

    ReplyDelete
  23. saya milih teknik sipik semoga keterima yaaah

    ReplyDelete
  24. eh teknik sipil maksud nya hehe

    ReplyDelete
  25. Ka mau tanya nih peminat ekonomi syariah jalur undangan 2013 gmana ? Meningkat ngga dari tahun lalu ?

    ReplyDelete
  26. kak kalau KPM gimana prospek kerjanya ? terimakasih :)

    ReplyDelete
  27. aslm...
    kira-kira untuk tahun sekarang peminat fkh berapa orang ya????????

    ReplyDelete
  28. ayo adek",ditunggu kedatangannya di IPB, terlebih lagi yang milih Proteksi tanaman. :D
    Jadilah Generasi Emas IPB :D
    #A34120033

    ReplyDelete
  29. david kakendage M R15 May 2013 00:51

    kak aku mau nanya kalo daftar gizi truz cadangan-a matematika sinkron gk sikh kak?

    ReplyDelete
  30. ya amin k, saya daftar tek sil ipb sm thp ipb

    ReplyDelete
  31. Kak mau nanya klo agribisnis belajar nya apa aja sih??

    ReplyDelete
  32. Kak aku mau tanya, jika kalau kita ingin memilih jurusan Teknik Lingkungan, tetapi knp tercantumnya Teknik Sipil & Teknik Lingkungan juga?

    ReplyDelete
  33. Bingung jawabnya yang mana .__.
    Anyway, di tahun pertama setiap yg masuk IPB, semua pelajarannya sama (jurusan apapun itu). Namanya masa TPB (Tingkat Persiapan Bersama). Jadi kalau pada nanya belajar apa aja, ya belajar Matematika lagi, belajar kimia lagi, biologi, fisika, dsb...
    Tahun keduaaa, baru deh masuk jurusan masing-masing dengan pelajarann khasnya masing-masing :)))

    ReplyDelete
  34. Oh iya, didoakeun semoga lulus di jurusan yang diminati ;) Semoga dapat yang terbaaiik yaaahh ;))

    ReplyDelete
  35. 2 tahun lagi saya bakal jadi mahasiswi fem (agribisnis) disana, doakan :-) aamiiin

    ReplyDelete
  36. Kak saya mau tanya, Teknologi Hasil Perairan itu belajarnya gmn? peluang nya besar atau engga? dan prospek kerjanya bagaimana?
    maaf kak banyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh THP jurusan temen saya tuh. Mudah-mudahan dia mampir langsung kesini jelasin hehe.. Kalau soal peluang, insya Allah. Prospek kerja, si kawan yg jurusan ini lagi magang di Bali di pengalengan ikan.. Kece deh. Banyak kok lahannya

      Delete
    2. Oke deh ka makasih :D mudah2an bisa dapet THP bukan PHP hehe
      kalo Tekpang persaingan ketat ya? faktor alumni ini ngaruh banget ga sih kak buat indeks sekolah?

      Delete
    3. Jawaban dari kawan saya, Icha, THP 47 :
      Belajar tentang seluruh teknologi baik tradisional maupun modern dalam mengelola hasil perairan. nggak cuma hewan tapi juga tumbuhan sampai mikroba air. prospeknya besar kalo serius apalagi di indonesia masih jarang biasanya kerja di lab atai jadi quality controller di perusahaan atau pabrik pangan..

      Delete
  37. Aslmkm kak , saya siswa kelas xii , rencananya mau ambil ilmu gizi di IPB . Kak , kirakira brpa rata-rata nilai rapor untuk syaratnya ? Trus kan kuotany 69 , itu kuota untuk sbmptn sm sbmptn ya kak ? Terakhir , total sks ny brp kak ? Maap klo pertanyaannya byak , mkasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb..
      Engga ada rata-rata nilai raport. Semuanya tergantung pesaing kok. Untuk kuota, data di atas cuma untuk SBMPTN, nggak termasuk UTM, dll.. :)

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum kak.
    aku duduk di kelas xii sekarang. Minatku mentok di FEM yaitu jurusan eksyar dan mene. karena keduanya sama2 banyak peminat, menurut kaka penempatan yang pas gimana ya ka? atau aku pilih salah satu lalu pilihan ke2 jurusan lain sprti ESL atau ESP? ohya tolong jelasin perbedaan ESP dan ESL ya ka. Sekalian prospek kerjanya. dan kalau mau agak nyambung ke bisnis, mending ESP atau ESL ya? terimakasih banyak kaa.

    ReplyDelete
  40. kak saya pengen banget jadi mahasiswi ipb, doakan ya kak...hehe
    saya mau menejemen atau agribisnis, tapi nilai biologi saya d semester 4 turun dari 90 jadi 85, kira2 sy msh bsa lulus jalur undangan atau tidak? trus kalo mau menejemen tapi dari ipa kira2 bsa lulus jalur undangan atau tdk?
    mohon di balas ya kak...hehe
    maaf banyak tanya....:)

    ReplyDelete
  41. kak, fakultas teknik biomedik udah ga' di IPB....

    ReplyDelete
  42. Aslmkm kak , saya siswa kelas xii , saya pngen skali ambil ilmu gizi di IPB. kak. untuk kuota nya tiap thun brubah ya kak? klo untuk thun 2014 kira2 brapa kak. soalnya saya pengen sekali di jurusan itu. gimana cara nya kak?

    ReplyDelete
  43. kak saya pengen banget jadi mahasiswi ipb jurusan statistik atau menejemen, kira2 nanti d jalur undangan mana yg harus d kasih pilihan pertama? kira2 kalo jurusan satistik atau menejemen liat nilai rapor mapel apa?

    ReplyDelete
  44. kak kalo masuk lewat jalur undangan ipb bisa dapet beasiswa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. :)
      Beasiswa terbuka buat semuanya..

      Delete
  45. tolong di bales ya kak thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
  46. tolong di bales ya kak thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
  47. tiara khaerunnisa4 October 2013 19:08

    assalamualaikum ka
    mau minta sarannya , saya mau ngambil jurusan silvikultur dan proteksi tanaman untuk masuk jalur undangan lebih baik yang mana yang di jadikan pilihan ke 1 ? apakah saingan di bidang itu sulit ? trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keduanya ditaruh di pilihan pertama kok. Yang paling diminati aja yang dijadiin pilihan satunya :))

      Delete
  48. kak kalo mau pilih fakultas teknik sipil dan lingkungan ipb di pilihan pertama terus arstitektur lansekap di pilihan kedua peluangnya besar ga ya? terus bener ga kak yang ditaruh pilihan pertama teknik sipil dan lingkungan?

    ReplyDelete
  49. oh ya kak bener ga kalo ipb lebih memprioritaskan SMA yang ada di bogor dan yang berdomisili di bogor? atau hanya yang berdomisili di bogor? dari pada kota kota lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nope. Kota lain jauh lebih banyak kok :)

      Delete
  50. Oh iya kak, lebih berpeluang nilai gede tapi ada naik turun/ fluktuasi yg lumayan atau nilai yang selalu naik tapi naiknya sedikit2 tapi konsisten?
    faktor alumni seberapa besar ka?

    ReplyDelete
  51. Anisa Yuni Kartikawati9 November 2013 14:31

    Assalamu'alaikum kak..
    Saya kan minat dan pingin bgt masuk di ipb jurusan ilmu gizi, Amin:), nah untuk jalur undangan minimal nilai rata" rapotnya brp ya kak? Trs nilai saya itu naik tapi sedikit" gtu kak apa msh ada peluang?
    Trs utk sistem kuliahnya itu gmana ya kak, SKS nya gtu kak? Makasih :)
    Wassalamu'alaikum..

    ReplyDelete
  52. Tolong comment yg di atas tlg d bales ya kak :) Makasih :)

    ReplyDelete
  53. ka kalo nilai sbmptn 2014 untuk fmipa jurusan statistika minimal berapa?

    ReplyDelete
  54. Kak saya mau ngambil fak.ilmu komputer dipilihan pertama (SNMPTN). yg dilihat dari kriteria FIK itu rata2 dari nilai rapot atau grafik dari nilai matematika&fisika ya kak...?

    ReplyDelete
  55. kak mau tanya , saya kan pengen banget bisa masuk IPB tek.pangan pngen juga masuk arstk lansekap ..amin:)
    nah , itu yang dilihat nilai apa aja ya kak? dan nilai saya itu grafiknya naik trun, tapi turunnya itu sedikit" ,, gimana kak kalo kayak gitu , masihkah ada peluang ?

    ReplyDelete
  56. Kak saya pengen banget masuk jurusan tekpang. Trus kalo jalur undangan ga dipengaruhi nilai rapot? Meskipun nilai nya naik turun? Trus maksudnya tergantung pesaing itu gmn kak?? Tolong jawab dan makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  57. aslm kak mau nanya, lebih berpeluang matematika, statistik, atau kimia? terus kalo di ipb, kimianya kimia apa hehe terimakasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
  58. Assalamu'alaikum kak..
    Saya kan minat dan pingin bgt masuk di ipb jurusan ilmu dan teknologi kelautan, Amin:), nah untuk jalur undangan minimal nilai rata" rapotnya brp ya kak? melalui jalur undangan
    prospek kerjanya apa kak? oiya kak klu pilihan 1 saya ilmu dan teknologi kelautan nd pilihan 2 saya komunikasi pengembangan masyarakat, mnurut kak yg kuotanya bakal masuk yg mna?
    Wassalamu'alaikum. bales ya kak maksih

    ReplyDelete
  59. Tolong di bales ya kak, Thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
  60. ngeliat peminat Teknik Pangan IPB paling banyak, padahal aku juga mau . Bisa dapet ga ya di SNMPTN 2014 ini ? :( bales kak hehe

    ReplyDelete
  61. Adek-adek yang manis, buat pertanyaan 'kira-kira keterima ga ya kak?', hehe jelas pasti bukan saya yang tau ^^
    Semangat aja, bismillah! :D

    ReplyDelete
  62. Kak, kalau mau ke matematika sama SKPM kira kira yang ditaruh di pilihan pertama apa ya?

    ReplyDelete
  63. kak q minat di teknik sipil lingkungan sma meteorologi terapan.peluang masuk lwt snmptn mdah yg mana?.dan urutan prodi.a bgusan mana?
    mksih.

    ReplyDelete
  64. kakk, saya kan suka manajemen hutan, jadi manajemen hutan ini sya jadi kan pilihan pertama.. nah untuk pilihan kedua bagus nya yg mana ya? tapi yang berhubungan banget sm biologi kaya manajemen hutan gitu kak, menurut kaka saya pilih buat yg jurusan kedua apa ya? silvikultur, AGH, atau konservasi sumberdaya hutan & ekowisata?

    ReplyDelete
  65. ka urutan pilihannya gmana?
    Tekn industri pertanian
    ILMU GIZI
    Tekpan

    ReplyDelete
  66. Ka denger2 ipb gamau di nomer duain dipilihannya, itu bener atau engga ya?? Makasih sebelumnyaa

    ReplyDelete
  67. kak mau nanya ipb mau ga nerima snptn dari riau?
    makasi kakk :)

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum
    Kak kalo rata rata nilai cuma 80 tp pingin daftar komunikasi dan perkembangan masyarakat? Itu sama aja membuang kesempatan snmptn udangan gk kak? Kan soalnya peminatnya banyak kak. Tolong di bls ya kak makasih

    ReplyDelete
  69. kak mau tanya, kalau mau snmptn statistik itu nilai mata pelajaran apa aja yan dipertimbangkan?

    ReplyDelete
  70. kalau minimal kalau mau masuk IPB fak. sipil berapa?

    ReplyDelete
  71. kalau minimal kalau mau masuk IPB fak. sipil berapa?

    ReplyDelete
  72. kalau minimal kalau mau masuk IPB fak. sipil berapa?

    ReplyDelete
  73. kalau minimal kalau mau masuk IPB fak. sipil berapa?

    ReplyDelete
  74. ka kalau di managemen kehutanan. prospek kerjanya seperti apa ya ka?? :)

    ReplyDelete
  75. kaget lihat peminat gizi nya, jadi takut milih gizi ipb :(

    ReplyDelete
  76. kak kalo di fakultas perikanan itu harus bisa berenang ga sih kak? hehe
    terus bener ga sih kak kebanyakan di fakultas perikanan itu cowo? makasih kaak

    ReplyDelete
  77. menurut kaka jurusan di fpik yang paling bagus apa sih , kalo teknologi hasil perairan gmana ?

    ReplyDelete
  78. Ka kalo fakultas silvikultut iti kaya gimana trus prospek kerjanya apa?mksh dijwb yaa

    ReplyDelete
  79. Kak ada data nilai rata rata minimal yang harus dimiliki untuk masuk di tiap jurusan gag kak ? Sama kalo teknologi pangan itu kalo sudah lulus kira kira kerjanya jadi apa dan dimana yah kak ?

    ReplyDelete
  80. kak doain saya masuk "IPB" aamiin!!!!!

    ReplyDelete
  81. kalau aku pilih jurusan skpm sama esl mana yang harus lebih di utamakan ?

    ReplyDelete
  82. kak peminat agribisnis banyak bgt kak :( doain aku ya keterima IPB agribisnis atau ESL deh amin ya allah :") kepingin bgt masuk ipb kak doain ya:(

    ReplyDelete
  83. kak sampai akhir ini aku masih bingung mengenai jurusan apa yang akan aku ambil di IPB. baru ada bayangan mengenai SKPM, Biologi, Manajemen dan Ekonomi syariah. Di tambah nilai rata-rata rapor ku kecil, terkadang aku psimis kalau ngeliat orang-orang yang nilainya lebih tinggi dariku. Menerut kaka apa yang harus aku lakukan dan pilih. Apa saja yang di pelajari dari jurusan tersebut dan bagaimana dengan prospek kerjanya?
    tolong di jawab yah ka

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. kak sampai akhir ini aku masih bingung mengenai jurusan apa yang akan aku ambil di IPB. baru ada bayangan mengenai SKPM, Biologi, Manajemen dan Ekonomi syariah. Di tambah nilai rata-rata rapor ku kecil, terkadang aku psimis kalau ngeliat orang-orang yang nilainya lebih tinggi dariku. Menerut kaka apa yang harus aku lakukan dan pilih. Apa saja yang di pelajari dari jurusan tersebut dan bagaimana dengan prospek kerjanya?
    tolong di jawab yah ka

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. udah daftar SNMPTN prioritas utama ya IPB FAHUTAN tentunya o:)
    serahin semuanya sama Allah, rejeki ga akan kemana :))))))

    ReplyDelete
  91. kak, mau tanya dong..
    1. Gimana caranya dapet jalur undangan?
    2. misalkan udah dapet undangan nih dari ipb, trus kita bebas pilih kejurusan gitu ?
    3. trus juga kalo misalnya udah dapet undangan, apa kita masih di tes & diseleksi lagi ?
    4. kalo Fahutan kejurusan KSHE prospek kerjanya gimana ya?
    5. kejurusan apa aja si yang berhubungan sama biologi khususnya hewan selain dokter hewan?

    maap ya kak banyak tanya, bingung mau nerusin sekolah kemana :D

    ReplyDelete
  92. assalamualaikum. ka mau tanya :) sbnrnya snmptn itu kan diliat dr nilai raportnya? yg diliat rata2 smua plajaran atau rata2 mipa nya ka? syukron ka :) dijawab yaaa ka:)

    ReplyDelete
  93. assalamualaikum..
    kak kalau ilmu dan teknologi kelautan,nilai yang diprioritaskan apa kak ?

    ReplyDelete

Please leave your comment here :

- Copyright © Anak Muda -Metrominimalist- Designed by Johanes Djogan -